Ardian Tokotua
Jumat, 09 Agustus 2013
Makanan
Pengertian Ilmu Gizi - Gizi berasal dari bahasa Arab yaitu ghidza yang berarti makanan. Jadi secara luas dapat diartikan bahwa ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan makanan, terutama kandungan yang ada di dalamnya. Ilmu ini juga dihubungkan dengan kesehatan tubuh, serta perkembangan yang akan didapatkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi makanan tertentu.

Pengertian Ilmu Gizi

Sejarah perkembangan Ilmu Gizi

Ilmu ini sebenarnya sudah dikenal sejak zaman purba. Pada awalnya makanan hanya dianggap sebagai suatu hal yang penting saja. Selanjutnya pada zaman Yunani, pemikiran ini berkembang dengan adanya teori yang menyatakan bahwa makanan menghasilkan panas yang diperlukan bagi tubuh setiap mahluk hidup. Ilmu gizi juga semakin berkembang terutama setelah adanya seorang profesor pertama dalam bidang ahli gizi yaitu Mary Swartz Rose pada tahun 1926.

Penelitian tentang Ilmu Gizi

Berikut ini akan diuraikan beberapa penelitian yang pernah dilakukan terkait ilmu gizi.
  1. Penelitian yang dilakukan oleh Antoine Lavoiser mengenai pernafasan dan kalorimetri. Penelitian ini berkaitan dengan proses pernafasan, energi makanan dan kemudian berkembang menjadi pertukaran energi dan sfat bahan makanan.
  2. Setelah penelitian tentang pernafasan, selanjutnya dilakukan lagi penelitian tentang mineral dan cairan tubuh yang membutuhkan elektrolit serta pengaruh natrium garam terhadap klorida jaringan hidup.
  3. Penelitian terus berlanjut yaitu mengenai vitamin yang terkandung dalam zat makanan dan berperan penting bagi tubuh misalnya dalam hal pencegahan penyakit dan sebagainya.
  4. Penelitian tingkat lanjut mengenai ilmu gizi dilakukan pada tahun 1955. Dalam penelitian ini ditemukan struktur sel atau molekul pada suatu makanan. Molekul-molekul ini juga mempunyai peran yang sangat penting bagi tubuh dan berpengaruh terhadap olahan makanan yang dilakukan.
  5. Saat ini sudah mulai muncul konsep-konsep baru. Konsep tersebut di antaranya mengenai pengaruh gizi, kebutuhan gizi yang selanjutnya akan mempengaruhi perkembangan otak dan daya kerja serta daya tahan tubuh seseorang. Selain itu ditemukan cara-cara mengolah makanan bergizi serta pemanfaatannya.

Ruang Lingkup Ilmu Gizi

Ruang lingkup Ilmu gizi cukup luas, mulai dari cara memproduksi makanan, penyediaan makanan, pengolahan, konsumsi serta pemanfaatan makanan oleh tubuh pada saat sehat maupun sakit. Ilmu yang satu ini juga berhubungan dengan konsep-konsep pertanian, biologi dan kimia.

Ilmu ini pun tidak hanya berkutat pada makanan saja, melainkan juga hal-hal lain seperti halnya gizi saat olahraga serta gizi suatu golongan masyarakat. Ilmu ini diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang baik bagi setiap individu.

Ilmu gizi merupakan dalah satu ilmu yang dirasa perlu untuk dipelajari. Ilmu ini pun  kini sedang populer dan dipelajari di setiap universitas maupun lembaga pendidikan lainnya. Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan wawasan bagi anda dan bahan pertimbangan bagi anda yang ingin memperdalam suatu ilmu pengetahuan.

Komentar