Ardian Tokotua
Kamis, 24 Oktober 2013
Gaya Hidup
Kesehatan dapat diartikan sebagai keadaan sejahtera pada seseorang. Kesajahteraan yang meliputi aspek raga, jiwa dan sosial sehingga dapat hidup secara produktif baik dari segi ekonomi dan sosial. Ada banyak pengertian kesehatan, berikut beberapa di antaranya:
  • Kesehatan adalah keadaan prima baik secara mental dan fisik sehingga seseorang dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan baik dalam lingkungannya.
  • Kesehatan dapat juga diartikan sebagai kemampuan merawat diri sendiri yang ditunjukkan dengan menjaga dan meningkatkan fungsi kejiwaan, spiritual dan sosial.
Pengertian Kesehatan

Lawan dari kesehatan adalah sakit. Sakit merupakan suatu kondisi di mana jasmani, rohani dan sosial terganggu. Sehingga keadaaan yang tidak menyenangkan terjadi pada diri individu dan berakibat pada terganggunya berbagai aktivitas.

Aspek-Aspek Kesehatan

Untuk dapat dikatakan sehat seutuhnya ada beberapa komponen kesehatan yang harus dipenuhi. Komponen-komponen tersebut termuat dalam komponen kesehatan yang meliputi:
  1. Kesehatan Jasmani
    Individu dikatakan sehat secara jasmani apabila seluruh fungsi organnya berjalan dengan normal, berpenampilan bersih dan rapi, tidak gemuk dan tidak kurus, dan berpola hidup sehat serta teratur, tidak hanya terlihat sehat dari luar tetapi memang tidak memiliki keluhan bahwa dirinya sakit.
  2. Kesehatan Mental/Jiwa
    • Memiliki pikiran dan jiwa yang stabil dan terkontrol
      Kesehatan mental sangat erat hubungannya dengan kesehatan dan stabilitas jiwa seseorang. Seperti kata pepatah, bahwa di dalam tubuh yang sehat juga terdapat jiwa yang sehat.
    • Emosi
      Komponen kesehatan yang satu ini terlihat dari kemampuan mengontrol perasaannya baik senang, sedih, marah dan sebagainya.
    • Kesehatan spiritual
      Pemenuhan kebutuhan spiritual diperlukan agar jiwa dapat merasa damai dan tentram. Hiburan, rekreasi, ceramah agama dan semacamnya dibutuhkan agar perasaan dan batin tenang.
  3. Kesehatan Sosial
    Seseorang dikatakan sejahtera atau sehat secara sosial apabila segala sesuatunya terpenuhi dengan baik - makanan (pangan), pakaian (sandang), serta tempat tinggal (papan) yang layak. Kesejahteraan adalah sesuatu yang relatif, tergantung pada keadaan budaya dan tingkat kemakmuran suatu daerah.
Dengan memahami pengertian kesehatan dan komponennya anda dapat mengetahui kapan seseorang dikatakan sehat seutuhnya. Tidak hanya fisik, tetapi juga jiwa serta kehidupan sosial, semua berperan untuk mewujudkan kesehatan yang sempurna.

Komentar